Syarah Hadits Arba`in Nawawiyah, Hadits ke-3 Rukun Islam


الحـديث الثالث

HADITS KETIGA

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.

[رواه الترمذي ومسلم ]

Terjemah hadits / ترجمة الحديث :

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khottob radiallahuanhuma dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (H.R Al Bukhari Dan Muslim) 

SYARAH: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah.

Dalam hadits ini, Nabi Shalallahu’alaihi wassallam menjelaskan bahwa Islam itu ibarat sebuah bangunan yg menjadi tempat berlindung bagi pemiliknya dan yg akan menjaganya dari dalam maupun dari luar. Nabi menjelaskan bahwa Islam itu dibangun di atas lima (pondasi), yaitu: Syahadat laa ilaha illallah dan  bahwa Muhammad adlah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan ibadah haji ke Baitullah.

Pembicaraan mengenai kelima rukun Islam ini telah kita bahas di depan, pada bagian hadits Umar bin Al Khaththab. Silahkan merujuk kembali ke sana.

Di sini muncul pertanyaan , apa manfaat ditampilkanya hadits ini sekali lagi, padahal hal ini telah disebutkan dalam hadits Umar bin Al-Khaththab di depan?  Jawabnya: Manfaatnya adalah mengingat pentingnya masalah ini, pengarang ingin menegaskan sekali lagi dan memantapkanya. Ini dari satu sisi. Dari sisi yg lain, dalam hadits Abdullah bin umar ini disebutkan secara jelas bahwa Islam itu dibangun di atas lima pondasi , sedangkan di dalam hadits Umar bin Al-Khaththab tidak disebutkan dengan bentuk seperti ini, sekalipun scara tersurat juga mengandung makna seperti ini. Dalam hadits Umar bin Al-Khaththab disebutkan bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda,” Islam yaitu: hendaklah engkau bersaksi tiada sesembahan yang haq disembah kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah. ..dst.”

HADITS ARBA`IN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: